Kamis, 21 Oktober 2010

the useful






sering saya berpikir binatang apa yang lebih berguna ketimbang ayam? tuhan banyak memberi semacam miracles kepada kita lewat ayam, ketika matahari belum menunjukkan batang hidungnya ayam duluanlah yang akan memanggilnya dan senantiasa menjadi semacam "natural alarm clock" bagi kita. perseteruan para jagoan dari bangsa ayam juga sering digunakan untuk menghilangkan strees bahkan mata pencaharian bagi sebagian orang. potongan tubuh ayam mungkin 90% bisa dikonsumsi manusia. mulai dari kepala hingga "ceker"-nya. bahkan yang belum menjadi ayam sangat bisa dikonsumsi yaitu telur ayam.


coba kamu ingat-ingat jenis masakan yang memakai bahan daging ayam. okay, coba saya sebutkan, mulai dari soto ayam, sup ayam, semur ayam, tumis ayam, sate ayam, ayam goreng, opor ayam etc. ayam juga binatang yang mandiri jika dipelihara. tidak perlu dimandikan dan dicarikan makan. dengan giat dan bersemangat mereka mengais tanah mencari sendiri bahan pangannya. daging ayam juga senantiasa dijadikan barometer bagi daging-daging lain, contohnya kemarin ketika saya bertanya kepada teman yang makan swikee atau kodok, "gimana rasanya?" teman saya menjawab "enak, mirip daging ayam". ayam juga menjadi semacam triggers-nya franchise-franchise junk food di dunia lewat american taste-nya.


bahkan pengusaha tenar om bob sadino memulai bright future nya lewat bisnis ayam :P . mungkin ada ratusan produk makanan memakai kata "chicken flavour" di kemasannya. mulai dari snack, cracker, bumbu penyedap, bahkan coklat yang legendaris itu, ya coklat cap ayam jago. juga kemarin saya dengar dari ibu kos ada mitos bahwa kalau ayam bersuara di tengah malam artinya terdapat penampakan di sekitar ayam itu (wow),belum cukup sampai di situ. ayam juga rela berkorban demi binatang-binatang yang lain. ya, bangsa ayam merelakan diri mereka terkena virus dan menjadi penyebab penyakit avian influenza untuk mengendurkan semangat kita dalam mengkonsumsinya. mungkin ayam merasa tidak enak dengan jenis-jenis daging yang lain yang juga dikonsumsi manusia atau secara tidak langsung ayam mulai mengampanyekan doktrinisasi kepada kita untuk memanusiakan yang bukan manusia (oh, i don't know what i wrote?)

so? tell me what the most useful animals than chicken? :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar